Search
Search

Sambutan Kepala Sekolah SMA Taruna Bumi Khatulistiwa

Adil Ka’ Talino, Bacuramin Ka’ Saruga, Basengat Ka’ Jubata (Arus …arus …arus) Shalom, Om Swastiastu, Namo Budaya, Salam Kebajikan. Selam Sejahtera bagi kita semua.

Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, hingga saat ini kita semua dalam keadaan yang sehat walafiat untuk melaksanakan tugas dan kewajiban kita masing-masing.

Dalam kesempatan kali ini, izinkan saya mengingatkan kembali bahwa visi sekolah kita adalah “Unggul dalam berprestasi dengan landasan iman dan takwa yang kuat serta berwawasan lingkungan.” Visi itu mencerminkan cita-cita sekolah yang berorientasi ke depan dengan memperhatikan potensi kekinian, sesuai dengan norma dan harapan masyarakat. Visi itu jugalah yang membuat SMA Taruna Bumi Khatulistiwa  Kubu Raya ini berbeda dari sekolah-sekolah lainnya, menjadikan sekolah ini sebagai pilihan terbaik untuk masyarakat.

Sebuah visi perlu dituangkan dalam misi untuk meraihnya. Karena itu, sekolah menentukan langkah-langkah strategis yang dinyatakan dalam misi berikut untuk mencapai visi di atas:

Yohanes Baptista M. Pd
  1. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga setiap siswa berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki. Dalam hal ini, guru perlu mengidentifikasi kebutuhan siswa, menggunakan metode pengajaran yang sesuai dengan gaya belajar mereka, dan menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan holistik. Bimbingan personal dan pemahaman mendalam terhadap tujuan dan minat siswa juga menjadi faktor yang penting untuk diperhatikan karena itulah yang diperlukan untuk sukses di masa depan.

  2. Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memotivasi siswa, guru, dan staf sekolah untuk mengejar prestasi tinggi dan berkembang secara optimal. Semangat keunggulan dapat tumbuh di sekolah dengan cara membangun atmosfer yang positif, misalnya dengan memberikan penghargaan atas pencapaian, mendorong kolaborasi, dan menyediakan peluang pengembangan diri. Guru sebagai role model juga memainkan peran kunci dalam mengilhami semangat tersebut. Dengan demikian, atmosfer positif ini dapat memberikan dampak positif pada hasil belajar siswa dan meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah.

  3. Mendorong dan membantu setiap siswa untuk mengenali potensi dirinya sehingga dapat dikembangkan secara optimal. Dalam hal ini, guru berperan penting dalam memberikan dukungan, membuka ruang untuk refleksi diri, dan mengidentifikasi kekuatan siswa. Proses ini melibatkan pemberian bimbingan personal untuk memahami minat, bakat, dan tujuan siswa. Dengan demikian, setiap siswa diarahkan menuju pengembangan penuh potensinya, menciptakan kepercayaan diri dan kemandirian yang berkelanjutan.

  4. Menumbuhkan pengahayatan terhadap ajaran agama yang dianut dan budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak. Proses ini melibatkan pemahaman mendalam terhadap nilai-nilai agama yang dianut dan warisan budaya. Guru perlu membimbing siswa agar mengamalkan ajaran agama dan menerapkan nilai-nilai budaya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, siswa dapat mengembangkan kearifan dalam mengambil keputusan, berinteraksi dengan sesama, dan menjaga toleransi dalam kehidupan sosial.

  5. Menerapkan menajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga sekolah dan kelompok kepentingan. Hal ini dilakukan dengan melibatkan guru, siswa, orang tua, dan staf sekolah dalam pengambilan keputusan. Tujuannya agar proses pendidikan berjalan lebih demokratis. Proses ini juga memungkinkan setiap stakeholder untuk berkontribusi, berbagi ide, dan merasa memiliki peran aktif dalam pengelolaan sekolah. Dengan demikian, manajemen partisipatif tidak hanya menciptakan kebijakan yang lebih beragam dan relevan, tetapi juga memperkuat keterlibatan dan komitmen seluruh elemen sekolah terhadap pencapaian tujuan pendidikan.

Itulah penjabaran visi dan misi yang ada di sekolah ini. Saya percaya, bila kita senantiasa mengingat dan mengamalkannya, sekolah ini akan terus maju dan berkembang. SMA Taruna Bumi Khatulistiwa Kubu Raya sudah memiliki reputasi yang baik dan membawa perubahan positif hingga level nasional karena siswa-siswinya berasal dari berbagai daerah di Nusantara, tidak hanya di Kalimantan Barat. Semoga reputasi ini terus kita pertahankan. Kita percaya, bahwa SMA Taruna Bumi Khatulistiwa akan selalu menjadi impian masyarakat dalam memilih sekolah yang terbaik.

Dengan visi dan misi sebagai pemandu, kita dapat menciptakan sekolah yang menjadi tempat inspiratif untuk setiap siswa belajar dan berkarya. Mari bersama-sama menatap masa depan dengan keyakinan, mendayagunakan potensi yang kita miliki, dan meraih prestasi unggul dalam kebersamaan. Terima kasih.

error: Content is protected !!